Isnawati Abbas: 10 Jenis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru



(Isnawati Abbas, S.Pd.,M.Pd.,M.A, widyaswara LPMP Sulawesi Tenggara)

Kendari, 16 Februari 2019

Ada 10 jenis publikasi ilmiah dalam kegiatan  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan  (PKB) Guru. Kesepuluh jenis ini di bagi dalam tiga point utama  yaitu:

1.     Presentasi Pada Forum Ilmiah
2.     Publikasi Ilmiah Hasil Penelitian Atau Gagasan Inovatif Pada Bidang Pendidikan Formal
Pada point yang kedua ini terbagi atas:  (1) karya ilmiah: laporan hasil penelitian; (2) tinjauan ilmiah; (3) tulisan ilmiah populer dan (4) artikel ilmiah
3.     Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan , Dan/Atau Pedoman Guru
Point ketiga terbagi atas: (1) buku teks pelajaran, pengayaan; (2) modul/diktat; (3) buku dalam bidang pendidikan; (4) karya terjemahan; dan (5) buku pedoman guru

Adapun Bukti Fisik kegiatan publikasi ilmiah tersebut sebagai berikut:
1.     Buku pelajaran dan buku pedoman guru: buku asli atau fotokopi yang dengan jelas menunjukkan keterangan nama penerbit, tahun terbitan, serta nomor ISBN atau BNSP.
2.     Berupa tulisan (artikel ilmiah): Majalah atau jurnal ilmiah asli atau fotokopi yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal terbitan, susunan dewan redaksi, dan editor (mitra bestari). Bila jurnal tersebut dinyatakan.
3.     Makalah laporan hasil penelitian yang telah diseminarkan dilengkapi  dengan berita acara seminar yang membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya.
4.     Tinjauan ilmiah: makalah asli atau fotokopi dengan surat pernyataan tentang keasliannya dari kepala sekolah/madrasah disertai tanda tangan dari kepala ssekolah/madrasah dan cap sekolah /madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/madrasahnya.
5.     Tulisan ilmiah populer: berupa guntingan (kliping) tulisan dari media massa yang memuat karya ilmiah penullis, dengan pengesahan dari kepala sekolah/madrasah. Pada guntingan media tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya bila berupa fotokopi harus ada pernyataan dari kepala sekolah.


Comments

  1. terimakasih Bu Guru sudah share informasi bermanfaat bagi teman-teman guru

    ReplyDelete
  2. Makasi bu, alhamdulillah tulisan ini banyak yang baca....

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment