Pendidikan guru Penggerak: Refleksi Terbimbing Peran dan Nilai Guru Penggerak



1. Apa saja nilai diri saya?

Ada lima nilai dari seorang guru penggerak yaitu Mandiri, Relektif, Kolaboratif, Inovatif, dan berpihak pada murid. Kelima Nilai guru Penggerak saya percaya telah sya miliki hanya saja beberapa diantaranya perlu dikuatkan, perlu di tingkatkan dan sebagainya. Tentu untuk memberikan manfaat yang lebih besar.

2.  Apa yang saya rasakan. Setelah mengetahui nilai dari guru penggerak?

Dengan mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak saya mendapatkan banyak informasi. Diantaranya mengetahui tentan nilai-nilai yang diharapkan dari seorang guru penggerak. Setelah mengetahuinya, saya sadar bahwa nilai-nilai tersebut telah ada pada aktivitas saya sebagai seorang guru. Saya sangat senang mengetahui nilai-nilai yang diharapkan dari seorang guru penggerak ada pada diri saya meskipun implementasinya masih ada beberapa nilai yang perlu untuk ditingkatkan.

3. Apa saja nilai guru penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Dengan menjabarkan aktivitas atau pengalaman yang telah saya lakukan di sekolah, saya percaya bahwa kelima nilai guru penggerak saya telah miliki. Adapun kelima nilai tersebut adalah 

1. Mandiri: saya aktif mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan potensi yang saya miliki tanpa menunggu perintah atasan dari pelatihan gratis hingga berbayar.

2. Reflektif: saya melakukan evaluasi diri melalui evaluasi teman sejawat dan hasil belajar siswa

3. Kolaboratif:  saya melakukan kolaboratif dengan sesama guru dalam kegiatan MGMP, dengan sesama siswa dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler ataupun lainnya,dan demgan orang tua misalnya dalam pembinaan anak perwalian saya.

4. Inovatif: saya menghasilkan beberapa media pembelajaran dari alat peraga, video pembelajaran dan beberapa media lainnya.

5. Berpihak pada murid: saya selau berupaya memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa

4. Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan?

Kelima nilai guru penggerak harus terus saya kuatkan. Karena meskipun memiliki kelima nilai tersebut tapi tidak terus dikuatkan ataupun ditingkatkan maka akan menjadi tertinggal pula.

5. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang guru penggerak

Ada lima peran dari seorang guru penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coah bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, menggerakkan  komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan siswa. Saya sangat senang mengetahui peran dari guru penggerak. Hal ini disebabkan semua peran telah saya laksanakan. Namun, masih perlu ditingkatkan dan konsisten. 

6. Apa yang bisa saya lakukan  (khusus diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak?

Untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak maka saya merumuskan hal-hal yang perlu saya lakukan. Yakni (1) meluruskan niat, (2) berkomunikasi, (3) berbagi pengetahuan, (4) bekerja sama mencapai tujuan, (5) evaluasi, (6) tindak lanjut, dan (7) konsisten

7. Apa yang menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak dalam diri saya

1. Kesehatan: saya berharap semoga selalu diberi nikmat kesehatan sehingga segala aktivitas dapat terlaksana.

2. Ekosistem sekolah: terkadang muncul bahwa saya hanya sendiri dengan pemikiran pemikiran perubahan itu. Namun, program Guru Penggerak yang direkomendasikan kepala sekolah semoga menjadi dukungan yang bermakna.

Comments