2. Apa yang Anda pahami mengenai peran sebagai pendidik dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila di sekolah Anda?
Dengan konsisten mengimplementasikan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,"Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani," maka guru dan sekolah telah menciptakan lingkungan belajar yang berpihak kepada murid. "Step by step" para pelajar mencerminkan profil pelajar pancasila
1. Ing Ngarso Sung Tulodho
Di sekolah saya, guru berupaya menjadi teladan bagi para murid. Dalam bertutur kata, bersikap, bekerja sama dalam kegiatan sekolah, disiplin dalam pembelajaran dan tata tertib sekolah. Harapannya, para murid mengambil keteladan dari pembiasan baik yang diterapkan di sekolah. Pada akhirnya, profil pelajar pancasila, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan gotong royong dapat tercermin pada murid
2. Ing Madyo Mangun Karso
Di sekolah saya, guru berupaya mengunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi yang seyogianya mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid. Guru memfasilitasi aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan sekolah. Harapannya, para murid mengembangkan kemampuan bernalar kritis, kreatif dan mandiri yang mencerminkan profil pelajar pancasila
3. Tut Wuri Handayani
Di sekolah saya, guru berupaya menjadi motivator dalam memotivasi para murid untuk menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Guru juga mendorong murid mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai kompetisi. Harapannya, para murid memiliki wawasan yang global, kreatif, mandiri, dan bernalar kritis sebagaimana profil pelajar pancasila.
3. Sebagai seorang guru yang mendidik, apa yang harus Anda lakukan berdasarkan konsep IA dan Profil Pelajar Pancasila dalam memahami murid yang Anda ajar?
Menemukan potensi atau kekuatan yang dimiliki murid. Sehingga para murid berfokus pada kekuatan dirinya sendiri. Pada akhirnya, membuka ruang kreativitas, kemandirian, bernalar kritis, bergotong royong, berkebhinekaan global, dan beriman kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia bagi murid. Salah satu model perubahan untuk menemukan kekuatan/potensi murid melalui B-A-G-J-A.
Buat Pertanyaan Utama. Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan apa yang diinginkan atau diimpikan.
Ambil Pelajaran. Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di sekolah dan pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut.
Gali Mimpi. Menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan terjadi di sekolah. Disinilah visi benar-benar dirumuskan dengan jelas.
Jabarkan Rencana. Merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi.
Atur Eksekusi. Memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang akan terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan.
Keren Gulaku🤩🤩🤩
ReplyDeleteMakasi gulaku👍
Delete