Pendidikan Guru Penggerak: Jurnal Refleksi Minggu ke-11


 Pekan ini, kami melakukan kolaborasi menyusun sebuah RRP berdiferensiasi berdasarkan kasus yang diberikan. Karena saya mengajar di jenjang SMA maka digabunglah ke dalam kelompok guru-guru SMA. Kasus yang diberikan terkait mata pelajaran sosiologi yang kebetulan dalam kelompok kami ada guru sosiologi. Kami pun menggunakan kasus tersebut untuk kami rancang RPP. Dalam pembuatan RPP kami berdiskusi terkait diferensiasi apa yang akan kami gunakan sebagai strategi pembelajaran. 


Dari diskusi itu kami paham bahan RPP yang kami buat bisa menggunakan dua diferensiasi, yaitu diferensiasi proses dan produk. Selain itu, penerapan diferensiasi dalam pembelajaran menuntut agar dilakukan pemetaan kebutuhan belajar dengan melihat, profil belajar auditori, visual dan kinestetik seorang murid lalu mengkategorikan minat murid hingga menentukan proses yang akan diberikan pada murid.


Pascakolaborasi dengan teman kelompok, saya pun membuat RPP berdiferensiasi untuk saya unggah sebagai sebuah demonstrasi kontekstual. Dimana dalam pembuatan RPP sesuai mapel saya, Kimia. Saya memasukkan instrumen pemetaan berdasarkan profil belajar dan minat siswa dan lembar penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Jika melihat RPP berdiferensiasi yang telah saya buat, sepertinya tidak jauh berbeda dengan RPP yang sebelumnya saya buat. Hanya ada penambahan informasi pemetaan kebutuhan murid, dan penekanan diferensiasi dalam kegiatan inti pembelajaran.

Comments