PGRI SULTRA: "MENJADI GURU HEBAT DENGAN MENULIS"






By. Ritawati Asaf
Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian lain menulis adalah kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat dipahami oleh pembaca dan berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung.
Keterampilan menulis dapat kita klasifikasikan berdasarkan dua sudut pandang yang berbeda, yaitu kegiatan atau aktivitas dalam melaksanakan keterampilan menulis dan hasil dari produk menulis itu. Beberapa orang menganggap menulis itu sulit dan untuk melakukannya diperlukan bakat khusus.
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru. Salah satu tujuan berdirinya PGRI adalah mempertinggi kesadaran dan sikap guru, meningkatkan mutu dan kemampuan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Untuk mencapai salah satu tujuan tersebut, maka PGRI Provinsi Sulawesi Tenggara akan mengadakan Workshop Menulis bagi guru-guru PGRI Sulawesi Tenggara.
Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis. Secara khusus, kegiatan ini berfungsi untuk: (1)  sosialisasi menulis kepada guru-guru yang tergabung dalam PGRI Sulawesi Tenggara; (2) tindak lanjut program PB PGRI tentang kegiatan guru menulis. Workshop  guru menulis yang akan dilaksanakan tanggal 28-30 Maret menghadirkan para Narasumber yang kompeten di bidangnya.

Comments