Pendidikan Guru Penggerak: Jurnal Refleksi Minggu ke-5

 


1. Setelah mempelajari nilai dan peran dari guru penggerak, saya percaya bahwa saya dapat menjadi seorang guru penggerak. Saya percaya dapat mengambil peran sebagai pemimpin pembelajaran, coah bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, menggerakkan komunitas praktisi dan mewujudkan kepemimpinan murid. Saya juga percaya dengan bersungguh-sungguh meningkatkan diri saya dapat menjadi guru yang bernilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.

2. Perasaan saya  sangat bahagia setelah mempelajari nilai dan peran dari guru penggerak.  Saya bersyukur jika selama ini telah mencerminkan nilai dan peran seorang guru penggerak . Hanya saja selama ini saya tidak konsisten dalam mengambil peran sebagaimana yang dicirikan seorang guru penggerak. Selain itu, nilai yang saya miliki sebagai guru masih perlu ditingkatkan untuk menjadi nilai diri seorang guru penggerak.

3. Target saya setelah mempelajari nilai dan peran dari guru penggerak adalah konsisten untuk bergerak, tergerak dan menggerakkan sekolah, teman sejawat dan para murid saya sehingga profil pelajar Pancasila dapat terwujud.  Saya harus bisa mengambil peran seluas-luasnya dan tetap mencerminkan nilai dari seorang guru penggerak yangandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.

4. Saya akhirnya menyadari bahwa untuk mengetahui peran dan nilai guru penggerak bukan hanya menguasai teori saja. Namun, peran dan nilai guru penggerak dapat disandang dengan mengimplementasikan dalam dunia pendidikan, di kelas, di lingkungan sekitar terutama keluarga. Dengan belajar sungguh-sungguh mengumpulkan pengetahuan, informasi dan pengalaman.

Comments