Pendidikan Guru Penggerak: Koneksi Antar Materi

 


Pertanyaan pemantik:

1. Buat kesimpulan tentang pembelajaran diferensiasi dan bagaimana pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan di kelas.

2. Jelaskan bagaimana Pembelajaran diferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil hasil belajar yang optimal

3. Jelaskan bagaimana kaitan antara modul memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran diferensiasi dengan modul lainnya?



Jawaban saya:

Pembelajaran Diferensiasi Menurut Tomlinson (2001: 45) adalah Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Namun demikian, pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa guru harus mengajar dengan 32 cara yang berbeda untuk mengajar 32 orang murid. Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak. Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu si A, si B atau si C dalam waktu yang bersamaan. Pembelajaran Diferensiasi adalah pelajaran untuk mendukung SEMUA murid yang ada di kelas.


#Bagaimana pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan dikelas?

Pertama, mendefinisikan tujuan secara jelas. Bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, murid juga.

Kedua, merespon kebutuhan belajar muridnya dengan memperhatikan kesiapan belajar, minat murid dan profil belajar murid.

Ketiga, menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada murid.

Keempat, melakukan manajemen kelas yang efektif.

Kelima, melakukan penilaian berkelanjutan.


2. Bagaimana pembelajaran diferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu hasil belajar murid?

Sebagai guru, kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas-tugas tersebut memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar).


3. Bagaimana kaitan antara modul memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran diferensiasi dengan modul lainnya?

Materi memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran diferensiasi adalah tindak lanjut dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang mana tugas guru adalah menuntun murid berdasarkan kodratnya. Setiap murid berbeda tetapi guru adalah fasilitator untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Sehingga, harapan melahirkan profil pelajar pancasila pada murid dapat terwujud.

Pembelajaran Diferensiasi juga merupakan implementasi dari  nilai dan peran guru pengerak yang mana disini guru Mandiri, kreatif, inovatif, reflektif dan berpihak pada murid.

Pembelajaran Diferensiasi juga mencerminkan Inkuiri Apresiatif dimana guru akan berfokus pada kekuatan yang dimiliki siswa untuk memenuhi kebutuhan belajarnya.

Pembelajaran diferensiasi juga dapat membiasakan budaya positif pada murid  dan memberi dampak pada lingkungan sekolah. Karena setiap murid dipenuhi kebutuhan belajarnya dalam pembelajaran.

Comments