Pendidikan Guru Penggerak: Jurnal Refleksi Minggu ke-12

 


Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

*Facts/Peristiwa

Pekan ini kami melakukan vicon tidak hanya bersama fasilitator dan rekan CGP lainnya. Namun, kami di dampingi oleh instruktur yang memperluas dan menambah khasanah pengetahuan kami terkait memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran diferensiasi. Materi yang dibawakan instruktur sangat menarik dan memancing rasa penasaran kami terhadap pembelajaran yang mendukung semua murid di kelas bukan hanya si pintar, tetapi seluruh murid. Alhasil, banyak sekali pertanyaan yang hadir bahkan banyak pertanyaan harus dilewati karena waktu Vicon sudah berakhir.

*Feelings/Perasaan

Saya sangat senang bisa mengikuti Vicon. Banyak informasi yang kami dapatkan di LMS tercerahkan dengan menyimak pemaparan materi instruktur. Saya yakin para audience lainnya juga merasakan kepuasan tersendiri dengan mengikuti Vicon kali ini.

*Findings/pembelajaran

Banyak klarifikasi informasi yang kami peroleh. Misalnya, strategi penerapan pembelajaran diferensiasi. Jika menelaah materi di LMS ada 5 point' untuk penerapannya ketika point' ini di fokuskan makan ada 2 point' utama dalam penerapan pembelajaran diferensiasi. Pertama, tujuan pembelajaran yang jelas bagi guru dan murid yang di dalamnya sudah mencakup kurikulum, manajemen kelas,  dan penilaian. Kedua memenuhi kebutuhan belajar murid mencakup kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar murid.

Dalam penerapan pembelajaran diferensiasi, yang pertama dilakukan adalah pemetaan profil belajar murid, dan minat murid, jika memungkinkan juga dapat melakukan pemetaan kesiapan belajar murid meskipun tidak dilakukan dengan tes, misalnya tanya jawab atau diskusi-diskusi sederhana sebelum pembelajaran. Setelah melakukan pemetaan, tentukan strategi pembelajaran Diferensiasi yang akan di gunakan, misalnya diferensiasi konten, proses, atau produk. Jika memungkinkan menggunakan ketiganya tentu sangat baik, tetapi perlu pertimbangan efisiensi waktu. Atau boleh saja memilih satu atau dua strategi pembelajaran.


*Future/penerapan

Semakin mempelajari Pembelajaran diferensiasi, saya percaya, kami para guru pernah, atau sedang melakukan pembelajaran diferensiasi di kelas kami. Hanya saja,  saat pembelajaran diferensiasi yang kami lakukan belum maksimal. Misalnya, kami tidak melakukan pemetaan secara utuh, kemudian dalam rancangan RPP yang dibuat pun tidak memunculkan diferensiasi yang kami fokuskan. Sehingga, dengan pembelajaran memenuhi kebutuhan murid melalui pembelajaran diferensiasi dapat kami maksimalkan dalam pembelajaran kami kedepannya.

Comments