PGP: Pembelajaran Sosial dan Emosional

 Sumber: Materi LMS Pendidikan Guru Penggerak (PGP)

Pembelajaran Sosial dan Emosional yang ditujukan untuk jenjang pendidikan usia dini hingga menengah ini dikembangkan pada tahun 1994 oleh sekelompok pendidik, peneliti, dan pendamping anak (salah satunya adalah Psikolog Daniel Goleman, pencetus teori Kecerdasan Emosi). Kerangka Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis penelitian ini bertujuan untuk mendorong perkembangan anak secara positif dengan program yang terkoordinasi secara lebih baik antara berbagai pihak dalam komunitas sekolah.

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan:

1. memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri).

2. menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri).

3. merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial).

4. membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi).

5. membuat keputusan yang bertanggung jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab).


Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dapat dilakukan dengan 4 cara:

1. Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) secara spesifik dan eksplisit.

2. Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik.mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid.

3. Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid.

4. Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.


Pendekatan SEL yang efektif seringkali menggabungkan empat elemen yang diwakili oleh akronim SAFE (https://casel.org/what-is-sel/approaches/):

1. Sequential/berurutan: Aktivitas yang terhubung dan terkoordinasi untuk mendorong pengembangan keterampilan

2. Active/aktif: bentuk Pembelajaran Aktif yang melibatkan murid untuk menguasai keterampilan dan sikap baru

3. Focused/fokus: ada unsur pengembangan keterampilan sosial maupun personal

4. Explicit/eksplisit: tertuju pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional tertentu secara eksplisit.

Comments