GURU MELEK TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JADI NYAMAN, GURU JADI GURU

 

GURU MELEK TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JADI NYAMAN, GURU JADI GURU

Oleh. Nurjannah Tamil, S.Pd.,M.Pd

Istilah era digital bukan lagi hal yang baru terutama di bidang pendidikan. Sehingga pemanfaatan teknologi selayaknya dapat terintegrasi dalam pembelajaran. Pandemi covid-19 mendorong proses pembelajaran berlangsung dari rumah. Pelaksanaan pembelajaran harus terintegrasikan dengan berbagai teknologi, guna menunjang proses pembelajaran  dari rumah. Kondisi ini menguji kompetensi profesional seorang guru dimana keterampilan menguasai IT menjadi salah satu bagian dari profesionalnya seorang guru. Sebut saja guru haruslah melek IT.

Guru melek teknologi bukan berarti guru menguasai berbagai teknologi terbarukan, bukan itu. Namun, guru melek IT adalah guru yang mampu mengoperasikan alat teknologi sebagai media pembelajaran, alat informasi, alat komunikasi maupun alat evaluasi sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar. Artinya, guru tidak harus menguasai semua teknologi terbarukan, tetapi guru dituntut menguasai teknologi yang dapat membantu tugas dan fungsinya.

Guru melek IT memiliki kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang nyaman baik pembelajaran dalam jaringan/daring (online) dan pembelajaran di luar jaringan/luring (offline). Guru melek IT mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi belajar. Pembelajaran pun dapat telaksana dengan nyaman antara guru dan siswa. Pembelajaran yang nyaman merupakan pembelajaran dimana siswa tidak kesulitan selama pembelajaran terkait teknis proses pembelajaran. Pembelajaran yang nyaman memberikan rambu-rambu belajar yang menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat diakses siswa baik pada pembelajaran daring maupun pembelajaran luring.


1.             Pembelajaran Dalam Jaringan/Daring (Online)

Dalam pembelajaran daring, pembelajaran tidak terlepas dari bantuan teknologi. Bagi guru melek IT tentu ini bukanlah hal yang begitu meresahkan. Berbeda dengan guru yang gagap teknologi, rendahnya kemampuan adaptasi kebiasaan belajar menjadi sebab masih banyak guru kebingungan harus berbuat apa. Seperti saat ini, aktivitas pembelajaran via daring dilakukan dari rumah guna mengurangi penyebaran covid-19. Guru melek IT segera mencari, menggunakan, dan menciptakan media belajar yang tepat dan nyaman. 

a.              Mencari

Cepatnya arus informasi dan didukung para ahli yang konsen di bidang pendidikan melahirkan banyak media pembelajaran yang interaktif, berbagai aplikasi belajar, berbagai jenis platform pendidikan berbasis web, dan software-software penunjang lainnya. Namun, tidak semua dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Disinilah guru yang melek terhadap teknologi mencari sumber belajar untuk meng-upgrade  kemampuannya. Baik dengan  mengikuti pelatihan yang dibutuhkannya ataupun menggunakan kemampuannya untuk belajar secara otodidak mengunakan kanal youtube ataupun google.

b.             Menggunakan

Menemukan media pembelajaran, platform belajar berbasis web, aplikasi ataupun software pendidikan bukan hal mudah. Guru harus memahami karakteristik siswa,  materi ajar dan kondisi lingkungan belajar sebelum memilih strategi pembelajaran yang tepat. Terdapat perbedaan dalam mencari/memanfaatkan teknologi bagi guru gagap teknologi dan guru melek teknologi yakni kepercayaan diri. Guru yang gagap teknologi menemukan strategi yang tepat, tetapi tidak memiliki kemampuan menggunakan teknologi tersebut maka menjadi sia-sia mencari apa yang tepat,  pembelajaran pun akan berakhir monoton. Berbeda dengan guru melek IT, mereka mempunyai motivasi untuk mengetahui cara menggunakan apa yang telah mereka tentukan dalam strategi pembelajarannya.  Guru melek IT akan berselancar berhari-hari di kanal youtube/google, untuk bisa menggunakan media, aplikasi atau software-software belajar yang dipilihnya. Alhasil,  guru dapat menggunakan IT untuk melakukan proses pembelajaran yang nyaman bagi guru dan siswa.

c.              Menciptakan

Setelah melewati proses mencari dan menggunakan, beberapa guru melek IT mencapai keterampilan menciptakan. Menciptakan media pembelajaran yang efektif berdasarkan adaptasi yang telah dilakukannya. Guru pun menciptakan kelas yang nyaman bagi siswa meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Guru dan siswa pun dapat bertemu secara virtual, pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun.

Aktivitas guru melek IT dalam  mencari, menggunakan hingga menciptakan kegiatan pembelajaran daring yang tepat sebagai wujud kompetensi profesional seorang guru. Pembelajaran daring pun dapat menjadi alat informasi, komunikasi dan evaluasi meskipun tanpa bertemu langsung antara guru dan siswa. Pembelajaran nyaman di tengah pandemi pun dapat terwujud di tangan guru melek IT.


2.             Pembelajaran Luar Jaringan/Luring (offline)

Pada umumnya, pembelajaran luring merupakan pembelajaran bertemu langsung antara guru dan siswa. Meski guru dan siswa bertemu langsung, bukan berarti pembelajaran menjadi nyaman. Bisa jadi pembelajaran akan membosankan ketika guru tidak meng-upgrade pengetahuannya terutama dalam pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Bagi guru melek IT, salah satu strategi untuk menciptakan pembelajaran yang nyaman bagi guru dan siswa adalah mengintegrasikan IT kedalam proses pembelajaran baik sebagai alat informasi, komunikasi maupun evaluasi.

a.              Informasi

Pembelajaran luring terintegrasi IT dapat membantu siswa mengumpulkan dan menyimpan informasi. Sehingga guru bukanlah satu-satunya sumber informasi. Guru perlu mengarahkan pemanfaatan IT dalam pembelajaran siswa. Bagi guru gagap teknologi tentu proses pembelajaran akan terkesan monoton karena kurangnya variasi dalam pembelajaran dan jauh dari pemanfaatan IT. Berbeda dengan guru melek IT yang  dapat mengarahkan ataupun mengajarkan siswa memanfaatkan IT dengan bijak. Misalnya, guru dapat mengajarkan kepada siswa cara memanfaatkan blog, youtube dan lainnya. Akun blog dan youtube siswa, dapat menjadi tempat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar. Pada akhirnya, siswa dapat menciptakan sumber belajar bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.

b.             Komunikasi

Pembelajaran luring tidak berarti  komunikasi antar guru dan siswa harus dilakukan secara tatap muka. Guru melek IT dapat memanfaatkan kelas maya yang telah disediakannya meskipun mereka berada di sekolah. Media sosial seperti facebook, whatsApp ataupun messenger dapat diubah menjadi kelas bukan hanya sekedar berbagi pesan saja. Guru yang melek IT akan mendorong kreatifitas siswa dalam belajar. Misalnya, kegiatan presentasi dapat dilakukan dengan video yang kemudian diunggah siswa ke youtube, atau memanfaatkan blog sebagai lembar catatan atau pun lembar tugas siswa. Jadi,  pembelajaran luring tidak monoton ceramah, mencatat dan sebagainya. Variasi belajar dan terintegrasi dengan IT, mendorong terciptanya kelas yang nyaman, menyenangkan dan motivasi belajar siswa meningkat. Siswa pun akan belajar memanfaatkan IT untuk kepentingan pendidikan atau hal-hal yang bermanfaat.

c.              Evaluasi

Jika kebanyakan guru luring mengevaluasi siswa dengan tes tertulis maupun lisan. Guru melek IT melakukan evaluasi lebih efisien dengan menggunakan IT sebagai alat evaluasi. Misalnya, memanfaatkan quizizz dan google form dalam melakukan evaluasi, sehingga guru dapat mengefisienkan waktunya dalam pemeriksaan pekerjaan siswa. Memanfaatkan kahoot dalam belajar sehingga siswa dapat belajar sambil nge-game. Masih banyak lagi aplikasi ataupun software yang dapat membantu guru melakukan evaluasi selama guru melek IT.

Proses pembelajaran luring memanfaatkan IT  adalah cara guru menunjukkan profesionalnya.  Namun, perlu diingat bahwa peran IT tidak mampu menggantikan peran guru, tetapi guru yang tidak memanfaatkan IT akan tergantikan dengan IT itu sendiri.

 

3.             Guru Jadi Guru

Sudah saatnya para guru kembali belajar. Saat guru berhenti belajar maka ia sedang mengajarkan masa lalu kepada siswa. Guru yang terus meng-upgrade pengetahuannya akan siap mengajarkan kebutuhan pendidikan siswa di masa depan. Guru melek IT dapat menjadi guru bagi guru lainnya dengan saling berbagi pengetahuan. Guru melek IT dapat menjadi guru penggerak di sekolahnya sendiri, sehingga ke depannya tidak ada lagi guru yang gagap teknologi terutama yang berkaitan erat dengan fungsi dan perannya sebagai guru.

Pada akhirnya, semua guru menjadi melek IT jika ia terus belajar dan berbagi. Kreatifitas siswa pun terbangun pada proses pembelajaran. Siswa tidak mengalami stress dengan beban belajar dan suasana belajar pun menjadi nyaman. Tujuan pendidikan di bumi pertiwi dapat tercapai. Namun, guru melek IT tidak dapat maksimal mengintegrasikan IT kedalam pembelajaran ketika tidak didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana. 

Mari berkunjung di http://gurupengerakindonesia.com

***

PROFIL PENULIS

NURJANNAH TAMIL, S.Pd., M.Pd


Dilahirkan di kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada tanggal 30 Desember 1988. Anak keempat dari lima bersaudara, putri dari bapak Tamil Nasir dan Naning. Menempuh pendidikan di SDN 15 Kendari (lulus tahun 2000), SMPN 6 Kendari (lulus tahun 2003), SMAN 3 Kendari (lulus tahun 2006), S1 Pendidikan Kimia Universitas Halu Oleo (lulus tahun 2010) dan S2 Pendidikan IPA Universitas Halu Oleo (lulus tahun 2016). Penulis adalah guru di SMA Negeri 1 Uepai Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki hobi menulis, membaca dan menonton. Penulis meyakini ayat alqur’an yang artinya: “tidak ada balasan bagi kebaikan selain kebaikan….” Salah satu kebaikan yang ingin terus dilakukan penulis adalah menulis hal-hal baik untuk bisa memberi manfaat bagi negeri, dunia dan akhirat.

Kunjugi penulis di:

Blog: https://nurjannahtamil.blogspot.com

FB: Nurjannah Tamil

WhatsApp: +6282337006053

Comments

  1. Terima kasih sdh ikut memeriahkan lomba blog bulan bahasa dan sumpah pemuda

    ReplyDelete
  2. Mantap...teknologi memang sangat penting di era saat ini...siapa gaptek pasti tertinggal

    ReplyDelete
  3. Mantap. Tulisan yang sangat menginspirasi bagi para pendidik👍👍

    ReplyDelete
  4. Keren... Semoga tulisan ibu menjadi yang terbaik...

    ReplyDelete
  5. Kontribusi ilmu yang paling mendasar adalah dengan menulis...

    ReplyDelete
  6. Guru Hebat, banyak menginspirasi
    salam kenal
    https://www.gurusumedang.com/

    ReplyDelete

Post a Comment