CONTOH RPP KIMIA SIMULASI MENGAJAR CALON GURU PENGGERAK: KEMIRIPAN SIFAT UNSUR DALAM GOLONGAN DAN KEPERIODIKANNYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 1 UEPAI
Kelas/Semester : X/1
Tema : Sistem Periodik
Unsur
Sub
Tema : Menganalisis
kemiripan unsur dalam golongan dan keperiodikan
Strategi
Pembelajaran : Model discovery learming dengan pendekatan saintifik
Alokasi
Waktu : 10 menit
Nama
Guru/Email : Nurjannah Tamil,
S.Pd.,M.Pd/nurjannahtamil.mpd@gmail.com
A.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
1. Peserta
didik dapat menganalisis sifat unsur dalam golongan
2. 2. Peserta
didik dapat menganalisis kemiripan sifat unsur dalam keperiodikan
B.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan:
1.
1. Peserta
didik memberi salam dan berdoa
2.
2. Guru
memberi motivasi kepada siswa
3.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti:
1.
Stimulus
Guru memberi pertanyaan untuk merangsang
rasa ingin tahu siswa. “Ada yang tahu
mengapa kelas X dan kelas XI tidak belajar kimia bersama dalam satu ruang? Dan
mengapa kalian yang kelas X dibagi menjadi kelas MIA dan kelas IPS?”
2.
Identifikasi Masalah
a.
Guru
menjelaskan panduan LKPD yang diberikan
kepada peserta didik
b.
Peserta
didik mulai melakukan aktivitas saintifik, observasi/mengamati LKPD
3.
Pengumpulan Data
a.
Guru
melakukan penilaian keterampilan proses sains peserta didik selama diskusi
b.
Peserta
didik mengumpulkan data untuk menyelesaikan LKPD berupa Teka Teki Silang (TTS)
dengan melakukan kegiatan literasi
baca tulis dari buku dan ringkasan materi pada LKPD
4.
Pengolahan Data
a.
Guru
mendampingi selama proses pengolahan data siswa
b.
Peserta
didik berdiskusi melakukan aktivitas saintifik menanya dan mencoba sebagai kolaborasi untuk menyelesaikan LKPD
berupa Teka Teki Silang (TTS)
5.
Verifikasi
a.
Guru
meminta peserta menempelkan lembar TTS yang telah dikerjakan di papan tulis
b.
Guru
menjelaskan point penting dari materi kemiripan sifat unsur dalam golongan dan
keperiodikannya
c.
Guru
meminta peserta didik bertanya jika masih ada yang kurang dipahami
d.
Peserta
didik melakukan aktivitas saintifik mengolah informasi dari guru dan berpikir kritis dengan menyimak materi.
e.
Peserta
didik berkomunikasi untuk
menghilangkan ketidakpahaman
6.
Menarik Kesimpulan
a.
Guru
memandu peserta didik dalam menarik kesimpulan materi yang tepat
b.
Guru
bersama peserta didik memeriksa hasil pengerjaan TTS
c.
Peserta
didik melakukan aktivitas saintifik dan proses kreatif dengan mengkomunikasikan kesimpulan yang mereka temukan
Kegiatan
Penutup:
1.
Guru
memberi penilaian lisan secara singkat kepada setiap kelompok dan anggota
kelompok secara singkat
2.
Guru
menyampaikan materi selanjutnya
3.
Peserta
didik berdoa dan memberi salam terima kasih
C.
Penilaian
1.
Penilaian
Pengetahuan : LKPD Siswa
2.
Penilaian
Sikap : Lembar
Pengamatan
3.
Penilaian
Keterampilan : Lembar Penilaian
Keterampilan Proses Sains
Mengetahui, Uepai,
01 Juli 2021
Kepala
SMA Negeri 1 Uepai Guru
Mata Pelajaran
Dr.
Hj. Nurlian, S.Pd.,M.Hum Nurjannah
Tamil, S.Pd.,M.Pd
NIP.
197005201996112001 NUPTK.
6562766667300023
Comments
Post a Comment